Ternyata, Ada Batu Akik Pacitan yang Tak Kalah Indah

Batu akik pacitan memang terdengar asing. Di Indonesia banyak sekali kota penghasil akik yang berkualitas. Daerah penghasil batu akik ini tersebar dari sabang hingga Merauke. Tapi, apa ada batu akik asal Pacitan yang bagus?

Pacitan adalah kota yang terletak di bagian barat dari Propinsi Jawa Timur. Banyak sekali ditemukan batu akik dengan kualitas super di kota ini, salah satunya adalah batu akik kalsedon.

 

Ciri Ciri Batu Akik Kalsedon

Batu akik kalsedon ini banyak di temukan di aliran sungai kaledon dan bukit ndasar.

Kalsedon atau bisa disebut dengan kaladen ini mempunyai warna yang menjadi ciri khas dari Akik Pacitan yaitu merah, hijau, jingga, biru, dan kuning.

Batu Akik Pacitan : Kalsedon

Selain memiliki bermacam macam warna, batu akik kalsedon ini juga memiliki setidaknya empat motif yaitu : motif punggung kura kurai, motif klep moonstone atau dalam bahasa Indonesia disebut motif biduri bulan, motif mata kucing atau cat eye dan motif yang terakhir adalah motif bi colour dan tri coluour yang terdapat pada jenis batu king kaladen.

 

Spesifikasi Akik Kalsedon

Tidak hanya mempunyai motif yang berbeda , batu akik pacitan (kalsedon) ini juga punya banyak klasifikasi yang berbeda-beda.

 

Golden supreme, batu akik ini sering disebut jenis emas terbaik dikarenakan memiliki warna kuning seperti emas. Supreme sunrise sering disebut dengan sinar mentari pagi karena warnanya sama seperti sinar matahari.

 

Spesifikasi batu akik yang selanjutnya adalah Red Baron yang disebut juga Bangsawan Merah. Red Baron memiliki warna merah keemasan. Red baron juga sering disebut oleh wisatawan mancanegara dengan sebutan Golden Reddish.

 

Spsesifakasi yang selanjutnya adalah supreme sunset atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah matahari terbenam. Di mancanegara batu, akik ini sering disebut dengan orange chalcedony karena batu akik ini memilki warna orange yang dominan sama seperti warna matahari ketika akan tenggelam pada sore hari.

 

Harga Termahal Akik Kalsedon

Kembali ke inti informasi yaitu batu akik yang berasal dari pacitan yang memiliki harga termahal. Dalam sebuah pameran yang diselenggarakan di kota Semarang dalam beberapa waktu yang lalu, ada salah satu akik yang menarik perhatian dari sekian banyak jenis batu akik yang ditampilkan yaitu batu akik kalsedon yang dibandrol dengan harga 3,4 miliar. Batu kalsedon ini memiliki tinggi sekitar 80 cm dan berat sekitar 150 kg.

Ternyata, Ada Batu Akik Pacitan yang Tak Kalah Indah | admin | 4.5