Sebagai Kolektor Batu Akik Pirus, Anda Harus Tahu Hal-Hal Berikut

Batu Akik Pirus, Sejarah dan Ciri Cirinya

Batu Akik Pirus atau yang lebih dikenal dengan nama batu turquoise adalah satu dari sekian banyak batu mulia tertua yang ada di dunia. Batu yang dalam bahasa Arab disebut dengan batu fairus ini banyak ditemukan di semenanjung Persia.

Untuk lebih mengenal ledih dekat tentang sejarah, ciri ciri dan cara merawat Batu Akik Pirus agar lebih mengkilap, berikut ini adalah ulasanya.

Batu Akik Pirus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pirus atau turquoise dalam bahasa perancis ini merupakan campuran dari alumunium, fosfat tembaga, besi dan emas yang memiliki tingkat kekerasan mencapai 7 mohs. Akan tetapi ada sebagian para ahli juga mengatakan bahwa batu pirus adalah campuran batu, tanah dan kapur. Oleh karena itu batu pirus ini biasanya memiliki gurat gurat putih.

Batu Akik Pirus ini memiliki corak yang bermacam macam akan tetapi corak yang paling banyak dijumpai adalah seperti sarang laba laba yang didasari warna hijau muda atau biru langit.

Batu turquoise atau pirus ini banyak ditemukan di daerah Israel, Afganistan, Iran, Afrika, Mexico dan California.

 

Jenis Jenis Batu Akik Pirus

Sama seperti batu akik yang lain, batu akik pirus ini juga memiliki berbagai jenis diantaranya pirus biru urat emas persia, pirus merah gambar naga, pirus turquoise Arab, pirus merah urat jala persia dan pirus putih dengan serat hitam yang berasal dari benua Afrika.

 

Cara Merawat Batu Akik Pirus

Telah diketahui sebelumnya bahwa Batu Akik Pirus ini mengandung emas dan perak, maka dibutuhkan perawatan khusus yang harus rutin dilakukan agar batu pirus ini tetap berkilau dan indah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat batu pirus.

Pertama, batu pirus ini harus sering dioles secara rutin menggunakan minyak bayi agar Batu Akik Pirus ini terlihat mengkilap dan berkilau.

Kedua, batu pirus ini harus sering dibersihkan setidaknya sebulan sekali dengan menggunakan sabun, kemudian di lap menggunakan lap yang halus dan bersih.

Cara ketiga yaitu dengan meletakan Batu Akik Pirus ini ditempat yang aman artinya terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Demikianlah informasi singkat untuk mengenal lebih dekat Batu Akik Pirus. Semoga informasi yang telah disampaikan bisa bermanfaat khusunya bagi para pecinta Batu Akik Pirus.

Sebagai Kolektor Batu Akik Pirus, Anda Harus Tahu Hal-Hal Berikut | admin | 4.5