Pusat Batu Permata Kalimantan di Martapura

Kalimantan, khususnya Martapura, telah termahsyur sebagai pusat batu berjenis permata yang berkualitas. Hasil pengolahan batu permata Kalimantan di pusat pertambangan Martapura, mampu melahirkan beragam gemstone bermutu tinggi.

Di kancah penggemar batu mulia, pamor Kalimantan sebagai sentra berbagai jenis permata dengan kualitas bagus memang sudah tidak diragukan. Selain potensi alamnya yang sangat mendukung, para penambang dan pengrajin di Borneo sudah bertahun-tahun mengukir pengalaman dalam hal memproduksi bermacam-macam perhiasan khas batu permata Kalimantan.

batu permata kalimantan

Batu Permata Kalimantan Khas Martapura

Saat membicarakan batu permata Kalimantan, sulit untuk melewatkan sebuah kota kecil yang bernama Martapura. Daerah yang kental dengan nuansa Islami ini sudah lama menjadi pusat perdagangan gemstone Intan dan permata.

Wajar saja, Martapura memiliki anugerah alam yang sangat istimewa berupa kekayaan batu-batuan mulia bernilai tinggi. Kekayaan alam yang melimpah ini kemudian dimanfaatkan penduduk setempat untuk dioptimalkan menjadi bahan berbagai aksesoris dan perhiasan.

Martapura sudah sangat tersohor sebagai sumber intan terbaik di bumi Indonesia. Bahkan pernah tercatat dalam sejarah, di ibukota Kabupaten Banjar ini sempat ditemukan Intan termahal di dunia, yang diberi nama Intan Trisakti. Intan tersebut ditemukan di Sungai Tiung pada tahun 1965 dengan ukuran sebesar telur burung dara. Setelah diolah, harga yang ditaksir sangat fenomenal, mencapai sepuluh triliun rupiah. Sayangnya hingga saat ini, belum ditemukan lagi Intan sefenomenal dan berukuran sebesar Intan Trisakti.

Selain Intan, salah satu jenis batu permata yang terkenal di Kalimantan adalah Kecubung. Kecubung di Martapura dianggap memiliki mutu yang sangat bagus, bahkan ada yang menahbiskannya sebagai yang terbaik. Sebagai gambaran, batu Kecubung berukuran satu hingga dua meter, nilainya bisa ditaksir hingga dua miliar rupiah.

Batu Permata Kalimantan Murah di Martapura

Martapura memiliki pasar khusus yang menjadi sentra perniagaan batu permata Kalimantan, baik yang masih mentah maupun sudah dipoles dan diolah. Selain Intan, juga ada batu mulia prestisius lain seperti Safir, Zamrud, Ruby, dan Swarowsky. Produk-produk perhiasan Martapura dihasilkan dari batu-batu fosil, Kristal, Pirus, Kecubung, serta beberapa jenis gems lainnya.

Harga batu permata Kalimantan yang dijual di Martapura memang cukup bervariasi, bisa mulai dari puluhan ribu hingga miliaran rupiah. Varian harga tersebut dipengaruhi oleh kualitas, kelangkaan, dan keunikannya. Namun secara umum terbilang relatif murah.

Harga murah permata di Martapura lebih disebabkan karena pengolahannya yang mayoritas masih sangat tradisional. Kekurangannya, hasil yang didapat terkadang menjadi kurang halus. Maka tidak heran jika banyak pembeli yang lebih senang membeli bahan mentah, untuk kemudian dipoles lagi di luar negeri. Jika pengolahannya lebih profesional, hasilnya akan jauh lebih bagus, dan harganya akan berlipat-lipat menjadi lebih mahal.

Dalam hal transaksi jual beli, Martapura juga dipandang memiliki nilai lebih. Hal ini berkaitan dengan kultur penduduknya yang sangat agamis. Kota yang sederhana ini dikenal sebagai kota santri dan memiliki nuansa keagamaan cukup kental, bahkan sering disebut sebagai Serambi Mekkah-nya Kalimantan. Kondisi tersebut membuat para pedagang permata di Martapura dikenal punya reputasi jujur dan tidak menipu dalam berdagang, sehingga orang nyaman bertransaksi jual beli.

Itulah kelebihan-kelebihan Martapura sebagai pusat batu berharga di Indonesia. Jika Anda termasuk penggemar keindahan gemstone bermutu bagus, kota penghasil Intan terbesar di Indonesia ini bisa menjadi tempat yang pas untuk berburu batu permata Kalimantan yang berkualitas.

Pusat Batu Permata Kalimantan di Martapura | admin | 4.5