Perbedaan Batu Aquamarine Asli vs Palsu

Keelokan batu Aquamarine yang berharga tinggi, membuatnya sering jadi sasaran objek pemalsuan. Jadi supaya tidak mudah tertipu, Anda harus tahu ciri batu Aquamarine asli dan bisa membedakannya dengan yang imitasi.

Pemalsuan seperti ini sudah menjadi realita yang sulit dihindari di pasar gemstone. Selalu saja ada produk-produk sintetik untuk meniru permata yang asli, termasuk batu Aquamarine. Apalagi di era seperti sekarang, dimana masih banyak orang yang tidak segan menipu demi mencari kentungan.

Oleh karena itu, Anda harus senantiasa berhati-hati dan paham bagaimana cara mengetahui keaslian batu Aquamarine. Hal ini penting, supaya Anda tidak menjadi korban para penipu.

Ciri Batu Aquamarine Asli

Untuk mengenal ciri batu Aquamarine asli dengan baik, Anda perlu mengetahui mineral pembentuknya. Batu Aquamarine berasal dari mineral beryl yang mempunyai karakter warna khas, yakni biru kehijauan. Oleh sebab itu, warna yang terpancarkan dari batu Aquamarine biasanya juga biru agak kehijauan. Tapi terkadang warnanya lebih menjurus ke biru laut, dan terkadang ada juga yang berwarna hijau bening.

Batu Aquamarine

Keberadaan mineral beryl yang terdapat pada batu Aquamarine, sebenarnya adalah mineral yang sama dengan yang terdapat pada Zamrud. Maka tak heran jika batu yang banyak disukai oleh masyarakat Eropa ini punya sifat dan karakteristik menyerupai Zamrud. Kedua batu ini bahkan dianggap seolah-olah punya hubungan saudara.

Nilai dari sebuah batu Aquamarine, dapat dilihat dari kualitas warnanya. Harganya akan semakin mahal, jika warnanya semakin biru dan pekat.  Batu yang dianggap sebagai representasi zodiak pisces ini juga memiliki kelebihan isimewa, yakni bisa menghasilkan biasan efek sinar yang sangat luar biasa indah. Efek ini nyaris seperti yang ada pada Ruby dan Safir.

BIcara mengenai kualitas daya tahan, batu Aquamarine memiliki tingkat kekerasan 7.5 hingga 8 Mohz. Artinya, dia termasuk gems yang cukup tangguh. Namun skala Mohz hanya mengukur daya tahan dari sisi kemampuannya menahan goresan atau benturan. Dalam hal menghadapi tantangan panas, batu Aquamarine akan kehilangan warna jika dipanaskan dalam suhu di atas delapan ratus derajat Celcius.

Perbedaan Batu Aquamarine Asli dan Palsu

Anda harus teliti saat membedakan batu Aquamarine asli dan palsu. Apalagi, teknologi modern sekarang telah memungkinkan pembuatan batu sintetis yang bisa sangat mirip dengan aslinya. Namun meskipun demikian, tetap saja ada perbedaan-perbedaan yang bisa diketahui.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membedakannya, adalah dengan cara menyentuhnya. Batu Aquamarine asli akan terasa dingin, sedangkan yang palsu tidak. Hal ini dikarenakan batu mulia secara natural berasal dari alam, dan masih membawa kesejukan yang tidak bisa hilang. Jika Anda memiliki cairan bromoform, ini juga bisa digunakan untuk mengecek keaslian Aquamarine. Batu yang asli akan tetap bisa mengambang di permukaan air, sedangkan yang palsu bisa dipastikan akan tenggelam ke dasar. Cara ini bisa menjadi indikator yang sangat mudah untuk mengecek keaslian.

Selain keberadaan batu sintetis imitasi, Anda juga perlu mewaspadai pemalsuan dengan menggunakan batu Topaz, yang memang punya wujud agak mirip dengan Aquamarine. Tapi sesungguhnya dapat dilihat dengan mata telanjang, bahwa batu asli Aquamarine lebih kaya akan biasan efek cahaya yang tajam.

Demikan ciri dan perbedaan batu Aquamarine asli dengan yang palsu atau imitasi. Dengan tetap teliti serta waspada, Anda tetap bisa menikmati keindahan permata yang menurut legenda sering dipakai sebagai batu keburuntungan para pelaut ini.

Demikianlah Perbedaan Batu Aquamarine Asli vs Palsu, Semoga bermanfaat.

Perbedaan Batu Aquamarine Asli vs Palsu | admin | 4.5