Mengenal Lebih Jauh Batu Akik Bacan

Sejarah Batu Akik Bacan

Anda pasti sudah tahu atau setidaknya tahu tentang Batu Akik Bacan. Batu bacan ini merupakan salah satu batu mulia yang paling banyak dicari oleh para kolektor meskipun dengan harga yang mahal karena batu akik ini mempunyai warna yang indah. Namun, apakah Anda tahu sejarah dari batu akik yang satu ini?

Batu Akik Bacan

 

Batu Akik Bacan ini berasal dari Maluku Utara tepatnya di sebuah pulau yang bernama pulau Kasiruta. Nama bacan sendiri bukan berasal dari daerah ditemukannya batu ini. Akan tetapi, nama bacan diambil dari nama sebuah pulau yang dijadikan tempat perdagangan batu bacan ini.

Bacan merupakan perhiasan yang sangat penting pada masa kesultanan Bacan, Tidore, Ternate dan Jailolo. Maka tidak mengherankan jika sekitar tahun 1994 banyak kolektor batu akik yang datang dari luar negeri untuk berburu bacan.

 

Warna Batu Akik Bacan

Batu Akik Bacan sendiri mempunyai keunggulan dibanding dengan jenis batu akik yang lain. Keunggulan batu bacan terletak pada keindahan warnanya. Pada umumnya batu bacan berwarna hijau muda sedikit kebiruan dan hijau tua.

Batu bacan ini setidaknya mempunyai sembilan warna lain seperti putih susu, kuning tua, merah, putih bening, dan coklat.

 

Macam Macam Batu akik Bacan dan Harganya

Batu Akik Bacan atau lebih dikenal sebagai batu giok yang berasal Indonesia memiliki berbagai jenis diantaranya batu bacan doko. Nama bacan doko sendiri diambil dari daerah asal batu bacan ini yaitu Doko Kasitura Barat. Bacan ini biasanya berwarna hijau. Sedangkan jenis bacan yang kedua adalah Bacan Palamea yang berasal dari desa Palamea. Batu ini berwarna hijau muda sedikit kebiruan.

Dengan keindahan warna yang dimiliki batu akik bacan, maka harga yang dibandrol untuk bacan ini relative lebih mahal dibandingkan dengan batu akik yang lain. Harga batu akik bacan sendiri bekisar 200 ribu sampai 2.5 juta/gram akan tetapi bacan ini bisa menembus angka 40 juta sampai dengan 100 juta/gram jika mempunyai kualitas yang super.

Demikian sedikit ulasan tentang sejarah sampai macam macam bacan dan harga Batu Akik Bacan, semoga ulasan tersebut bisa dijadikan sumber informasi untuk lebih mengenal lebih jauh Batu Akik Bacan.

Mengenal Lebih Jauh Batu Akik Bacan | admin | 4.5