Jenis Batu Akik Paling Bagus dan Mahal

Keberadaan Akik sebagai batu cincin makin melambung ketenarannya. Orang mulai beramai-ramai memburu permata yang jenis dan variasinya sangat beragam ini. Tapi tahukah Anda apa saja jenis batu Akik yang bagus dan berharga mahal sehingga paling banyak dicari kolektor?
Jenis Batu Akik
Banyaknya jenis batu Akik yang berada di pasaran saat ini memang telah mendobrak trend penggunaan permata cincin. Tidak hanya intan dan berlian saja yang mampu memperindah cincin-cincin perak dan tembaga. Batu Akik juga memiliki keelokan tersendiri, apalagi jika dihiasi dengan ukiran menawan, untuk dijadikan permata yang memikat.
Popularitas beragam jenis batu Akik tidak terbatas pada kalangan orang dewasa saja. Anak-anak muda dan remaja pun kini tidak canggung lagi untuk menjadikannya sebagai trend masa kini. Bahkan, batu Akik yang sebelumnya cuma identik untuk pria paruh baya juga mulai tenar di mata kaum hawa. Demam batu akik untuk semua kalangan, itulah yang terjadi sekarang.
Jenis Batu Akik
Fenomena demam batu Akik membuatnya makin banyak dijumpai dimana-mana. Macam dan jenisnya amat sangat banyak, dengan beragam variasi dan keunggulan masing-masing. Nah dari bermacam-macam jenis yang ada, di bawah ini adalah beberapa jenis batu Akik yang paling bagus dan mahal serta yang paling banyak dicari orang.
1. Kalimaya
Kalimaya kadang juga disebut sebagai Opal. Dilihat dari karakteristik fisiknya, sebetulnya Kalimaya memiliki sifat yang lembek. Namun pesona terindahnya terletak pada tampilan, dimana gems yang satu ini mampu memancarkan keindahan cahaya warna yang menyerupai keelokan berlian. Inilah yang membuat Kalimaya diapresiasi sebagai salah satu jenis batu Akik terindah dan dinilai dengan harga cukup mahal.
Di Indonesia, Kalimaya atau Opal banyak ditemukan di Banten. Namun penambangannya juga bisa dijumpai di negara lain, yakni Mesir, India, Meksiko, dan Australia.
2. Akik Gambar
Sesuai namanya, batu ini disebut Akik Gambar karena memiliki ukiran alami yang bisa berwujud aneka gambar nan elok. Gambar yang ditampilkannya bermacam-macam, terkadang menyerupai bentuk hewan, pemandangan, bahkan ada yang sekilas seperti wajah orang. Jika ukiran naturalnya semakin mirip dengan suatu bentuk tertentu, biasanya nilainya akan semakin mahal. Gambar-gambar unik inilah yang biasanya banyak dicari oleh para kolektor.
Penghasil Akik Gambar yang tersohor ada di Pacitan dan Garut. Anda juga bisa menemukannya di daerah Nusa Kambangan. Namun tidak hanya terbatas pada tempat-tempat itu saja, jenis batu Akik yang satu ini dipercaya masih ada di beberapa wilayah di Indonesia yang belum banyak diketahui orang.
3. Bacan
Bisa dibilang, Bacan merupakan salah satu jenis batu Akik yang menjadi primadona serta incaran para kolektor gems. Keistimewaan yang membuatnya banyak dicari adalah sifat alaminya yang unik sehingga mendapat julukan sebagai ‘sang batu hidup’. Kenapa hidup? karena Bacan punya kemampuan spesial untuk bertransformasi mengalami perubahan warna secara natural layaknya batu yang memiliki kehidupan sendiri. Sangat indah.
Bacan bahkan pernah dijadikan sebagai hadiah untuk Barrack Obama saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Hal tersebut cukup untuk menunjukkan bahwa batu mulia yang merupakan produk asli bumi Maluku ini memang istimewa. Maka wajar saja jika kemahsyurannya mampu menembus level mancanegara.

Itulah beberapa jenis batu Akik yang cukup populer dan punya nilai tinggi, sama halnya seperti Giok Aceh atau Batu Lumut Aceh, Obi, Labrador, Idokras, atau Kalsedon. Memang masih ada banyak sekali. Namun keberagaman pilihan ini tidak perlu membuat bingung. Jika berminat membeli batu Akik, Anda tinggal memilih mana yang keindahannya paling menarik dari berbagai jenis yang ada.
Jenis Batu Akik Paling Bagus dan Mahal | admin | 4.5