Macam-Macam Harga Batu Akik

Macam-Macam Harga Batu Akik

Bagi orang yang masih awam di dunia batu mulia, terkadang mengalami kebingungan saat ingin menilai kelayakan harga batu Akik yang sangat variatif jenisnya. Apalagi jika ingin berniat membeli, sangat penting untuk tahu standard harga sesuai kualifikasinya agar tidak mudah tertipu.

Trend penggunaan batu Akik memang tengah melejit. Kini tidak hanya kolektor dan penghobi senior saja yang meramaikan kancah batu mulia. Remaja, anak muda, hingga kaum hawa tidak mau ketinggalan untuk mengikuti perkembangan trend permata ini.

Namun yang sering jadi masalah, ada macam-macam batu Akik yang nyaris tak terhitung keragamannya, dan tidak semua orang mengetahui kisaran harga serta pengklasifikasiannya dengan jelas. Nah bagi Anda yang masih awam, berikut ini adalah informasi yang mudah-mudahan bisa menjadi panduan yang berguna.

Harga Batu Akik

Bebagai Jenis dan Harga Batu Akik

Bacan
Batu mulia khas nusantara yang dihasilkan dari bumi Maluku. Harga batu Akik Bacan dipatok antara 2 ratus ribuan hingga 2 jutaan rupiah per karat, atau 1  juta hingga 12 jutaan rupiah per satu gramnya. Rentang harganya memang cukup beragam, karena kualitas polesan dan bentuknya sebagai permata cincin tidak selalu sama. Dari bermacam-macam jenis Bacan, yang terlaris dicari adalah Palamea dan Doko.

Jeremejevite
Gems kebanggaan Namibia yang memiliki ciri sebagai batu mulia tak berwarna. Jika Anda ingin memilikinya, harga batu Akik berjenis Jeremejevite ditaksir senilai 20 jutaan rupiah untuk tiap satu karatnya.

Kalimaya
Dari macam-macam batu Akik yang ada di pasaran Indonesia, Kalimaya adalah salah satu yang terlaris diburu. Meskipun gems ini dibanderol relatif mahal, namun sesuai dengan keindahan yang akan didapatkan. Harga batu Akik ini dipengaruhi oleh mutu, bentuk, serta pantulan warnanya. Biasanya berada di rentang jutaan sampai 20 jutaan rupiah.

Safir
Safir merupakan batu cincin yang reputasi keelokannya sudah sangat tersohor. Maka tidak heran jika gems yang satu ini menjadi favorit berkat pancaran aura kecantikannya. Dari berbagai macam varian, yang paling terkenal adalah Blue Safir. Harga termahal yang pernah tercatat untuk jenis ini ada di kisaran 90 juta rupiah dengan kualitas terbaik. Namun Anda bisa mendapatkan harga lebih murah untuk jenis lain, misalnya Safir Hijau yang ada di kisaran 6 jutaan rupiah.

Akik Jadeite
Harga batu Akik Jadeite termasuk salah satu yang termahal di dunia, mencapai 30 juta rupiah per karat. Dengan nilai setinggi ini, tentu saja hanya orang-orang berkantong ekstra tebal yang dapat memilikinya

Ruby
Ini adalah batu mulia yang tergolong berkelas, maka tidak heran jika biasanya berharga cukup mahal. Jika Anda menginginkan jenis yang bernampilan paling elegan, Pigeon Blood Ruby adalah pilihan terbaik. Nilainya sekitar 30an juta rupiah. Namun harga ini dapat saja berubah tergantung kondisi fisiknya. Alternatif lainnya adalah Ruby Star Tanzania, yang memiliki kisaran nilai serupa.

Kalsedon Hijau
Harga batu Akik Kalsedon yang berwarna hijau lembut ini terbilang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan keindahan yang dia miliki. Anda hanya perlu mengeluarkan uang beberapa jutaan rupiah untuk mendapatkannya.

Black Opal
Bagi penggemar Opal, salah satu varian yang biasanya disukai adalah Black Opal. Batu mulia yang menjadi andalan Australia ini satu karatnya dihargai cukup mahal, yakni 20 jutaan rupiah per karatnya.

Itulah berbagai macam harga batu Akik yang ada di pasaran batu mulia. Semakin bagus kualitas yang ada pada dirinya, semakin tinggi serta mahal pula harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkannya.

Macam-Macam Harga Batu Akik | admin | 4.5