Fatal Jika Anda Salah Merawat Batu Akik Labrador

Batu akik labrador

Diantara berbagai macam jenis batu akik yang sekarang lagi banyak di buru oleh para kolektor batu akik adalah batu akik labrador. Nama labrador di ambil dari tempat asal mula pertama kali batu ini ditemukan yaitu di Labrador Canada. Pada perkembangannya batu ini kemudian bisa ditemukan di negara-negara lain, seperti Australia, Norwegia, Meksiko, dan di beberapa tempat lainnya.

batu akik labrador

Pada dasarnya batu akik labrador ini mempunyai karakteristik, corak, hingga warna pantulan yang berbeda-beda tergantung asal dari batu tersebut ditemukan. Yang membuat batu akik labrador ini menarik dikarenakan efek dari spectrolite yang dimilikinya. Efek yang ditimbulkan dari pantulan warna-warna inilah yang menjadikan batu ini menjadi lebih menarik. Bahkan batu jenis ini pamornya sering disejajarkan dengan batu akik jenis kalimaya.

Cara merawat Batu akik labrador

Ketika Anda memiliki batu akik labrador ini tentunya Anda harus tahu bagaimana cara untuk merawat batu akik tersebut sehingga corak dan warnanya bisa tetap terjaga kualitasnya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat batu akik jenis ini agar tetap terjaga kualitasnya.

  1. 1. Hindarkan batu tersebut dari terik matahari secara langsung

Batu rentan terhadap panas, baik panas matahari maupun panas api. Batu akik labrador yang terkena panas dalam waktu yang lama bisa menyebabkan batu berubah warna atau bahkan bisa hancur.

  1. 2. Jangan mencuci batu menggunakan air panas

Ada jenis dari beberapa batu mulia yang harus dicuci dengan air hangat (tidak panas), teteapi Anda harus melihat karakter dari batu tersebut. batu akik labrador dengan tingkat kekerasan yang rendah akan rusak jika dicuci dengan air panas.

  1. 3. Gunakan sabun untuk mencucinya

Anda dapat menggunakan sabun mandi ketika mencucinya. Ingatlah jangan menggunakan pemutih pakaian atau bahkan bahan kimia yang bersifat panas.

  1. 4. Gunakan lap yang halus ketika Anda mengelap batu tersebut dan lakukanlah secara perlahan

Selain itu Anda juga bisa menggunakan sikat gigi yang bertekstur lembut untuk membersihkan bagian-bagian yang tidak bisa dijangkau dengan menggunakan lap. Setelah itu jangan sampai dijemur, tetapi cukup di angin-anginkan.

  1. 5. Jangan menggunakan air

Dalam hal ini sebagian pedagang tidak membolehkan menggunakan air, terutama batu akik labrador yang memiliki pengikat yang kurang berkualitas, karena akan menyebabkan kerusakan.

Demikian penjelasan tentang batu akik labrador yang sangat bagus untuk dijadikan koleksi batu akik Anda sebagai batu akik labrador.

Fatal Jika Anda Salah Merawat Batu Akik Labrador | admin | 4.5