Batu Ruby >> Batu Permata Merah Delima

Batu Ruby atau lebih populer dengan nama batu merah delima. Dikatakan seperti itu karena warna merah yang dimilikinya dipercaya menggambarkan cinta dan suatu kemegahan oleh masyarakat pada umumnya. Batu cincin ini telah dikenal dengan nama “Gemstone’s King” yang sudah sangat tersohor tidak hanya di Indonesia namun juga mancanegara sudah mengenal jenis batu cincin ini

Batu Ruby Merah Delima

Batu Permata Ruby ini sangat dikenal dikalangan masyarakat jaman dahulu karena dipercaya dapat memberikan rizki serta beberapa manfaat bagi pemakainya. Warna batu cincin ini yaitu meliputi warna merah muda dan warna merah hati untuk pilihan warnanya. Batu cincin ini merupakan salah satu batu permata dengan tekstur yang relatif keras dengan ukuran yang biasa sebesar 9 skala Mohs.
Batu Ruby yang populer dan tersohor dikenal masyarakat berasal dari negara Myanmar.

Batu cincin ini terkenal dikarenakan tidak hanya kecantikan batunya namun juga kualitas batu cincinnya. Namun ternyata tidak hanya batu cincin yang berasal dari Myanmar saja yang sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat atau penghobi melainkan di negara seperti Afganistan, Afrika Selatan, India dan Pakistan juga merupakan beberapa negara tempat batu cincin ini didapati. Salah satu aspek lain yang mampu menarik penghobi untuk memiliki Batu Ruby ini yaitu karena batu cincin ini merupakan salah satu birthstone. Birthstone merupakan batu yang melambangkan suatu bulan kelahiran. Bulan Juli merupakan bulan yang dilambangkan oleh Batu Ruby ini.

Selain dari batu ruby merah,  ada banyak jenis batu ruby ini, diantaranya adalah batu ruby star, batu ruby birma, batu ruby daging, batu ruby madagaskar,  batu ruby afrika dan batu ruby tanzania. Mungkin masih banyak lagi jenis-jenis batu ruby yang bisa kita temukan, namun batu-batu diatas yang paling populer.

Khasiat Batu Ruby

Menurut beberapa kepercayaan dari masyarakat terdahulu berpendapat bahwa Batu permata Ruby ini dapat memberikan suatu khasiat yang sangat penting untuk perlindungan diri bagi pemiliknya. Meskipun menurut saya ini sebenarnya hanyalah sugesti saja namun kembali kepada individu masing-masing, yang penting jangan sampai kita menyekutukan Allah. Menurut pecinta batu ruby ini Khasiat batu ruby dipercaya dapat terhindar dari suatu ancaman yang jahat termasuk pula ancaman sihir dan lain sebagainya. Pejabat juga sering menggunakan batu rubi ini karena dipercaya memberikan aura keagunan dan wibawa sehingga mempunyai dampak untuk membuat orang lain menjadi patuh kepada si pemakainya.

Manfaat lain dari Batu Ruby ini yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat yaitu bahwa memiliki batu cincin ini dipercaya mampu untuk memberikan kepercayaan diri dalam perdagangan. Dengan kepercayaan diri ini mampu membuat bisnis atau perdagangan berjalan dengan baik sehingga kekayaan bagi pemiliknya dapat diperoleh.

Sedangkan khasiat Batu Ruby yang lain yaitu dapat mengarah pada manfaat batu cincin secara fisik yaitu batu ruby dapat memberikan suatu energi dan keseimbangan kepada pemiliknya. Selain itu dengan memiliki Batu Ruby ini dapat pula dipercaya untuk mendorong serta menambah semangat dalam  kehidupan bagi pemiliknya. Namun dengan beberapa manfaat positif yang telah dipaparkan sebelumnya, maka pemiliknya tidak akan memiliki celah untuk merusak diri sendiri karena dengan pemakaian cincin ini dipercaya akan dapat menenangkan suatu sifat hiperaktif yang kemungkinan dimiliki oleh pemiliknya.

Selanjutnya dengan Batu Ruby ini juga dapat memberikan suatu detoksifikasi pada darah yang ada dalam tubuh pemiliknya, selain itu dapat juga penyakit demam ataupun penyakit yang ada pada aliran darah. Selain itu, batu cincin ini juga dapat mengurangi pikiran negatif dari pemiliknya. Namun ternyata ada beberapa suatu kesalahpahaman pendapat mengenai Batu Ruby ini yaitu jika pemilik yang memakai memiliki masalah maka akan menyebabkan warna yang ada pada batu cincin ini akan berubah tetapi hal ini masih menjadi perbincangan yang belum pasti.

Cara Membedakan Batu Ruby Asli

Batu ruby ada yang natural ada juga yang sintetic, dimana hampir tidak ada perbedaan antara keduanya, namun jika Anda teliti akan kelihatan serat-serat batu yang berbeda, Serat batu yang asli akan terlihat seperti sidik jari (fingerprint) dan ada juga seperti jarum-jarum, namun serat batu sintetic lebih mirip seperti sarang laba-laba dan kadang terdapat gelembung udara yang terperangkap didalamnya, berikut gambar perbedaan batu ruby asli dengan batu ruby sintetis.

Memang kecanggihan teknologi akhir-akhir ini bisa membuat serat sintetis tersebut menjadi lebih mirip dengan ruby asli sehingga jika ingin melihat keaslian batu ruby perlu alat terbaru yang dikenal dengan nama presidium gem tester bisa juga dengan diamond selector II.

Harga batu ruby ini juga bervariasi tergantung kualitas dan keindahannya, kisaran harga mulai dari 500 ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. memang ada juga harga batu ruby yang lebih murah dibawah 500 ribu namun mungkin kualitas dan keasliannya masih diragukan.

Demikianlah info Batu Ruby Batu Permata Delima Merah, semoga bermanfaat. Baca juga mengenai batu cincin kecubung.

Batu Ruby >> Batu Permata Merah Delima | admin | 4.5