Batu Mustika Kelapa, Benarkah dari Kelapa?

Keunikan Batu Mustika Kelapa yang berwarna putih susu mirip kentos buah kelapa, membuatnya identik dengan misteri yang menarik. Benarkah batu yang dianggap mustika ini terbentuk melalui fenomena yang terjadi di dalam buah kelapa?

Ada banyak versi penjelasan mengenai terbentuknya Batu Mustika Kelapa, baik secara ilmiah maupun lewat cerita penalaran ghaib. Supaya bisa memahami dengan lebih jelas, tidak ada salahnya untuk mengkaji dengan bijak dan hati-hati, sehingga bisa mengetahui lebih gamblang tentangnya.

Asal-usul Batu Mustika Kelapa

Secara fisik, Batu Mustika Kelapa memiliki nuansa warna putih total, dengan tingkat keputihannya menyerupai warna putih susu. Bentuk dan wujudnya memiliki kemiripan seperti kentos buah kelapa.

Ada yang menyebutkan bahwa batu ini terbentuk dan berasal dari fosil kentos kelapa. Namun ada juga orang yang menceritakan asal muasalnya dari kejadian supranatural.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Batu Mustika Kelapa bisa ditemukan di dalam buah kelapa yang sudah berumur sangat tua. Mustika tersebut membentuk bulatan putih secara alami, yang kemudian mengeras dan menempel di dinding buah bagian dalam. Ada juga yang menyebut bahwa batu ini berasal dari pembentukan energi alami yang dijaga sosok khodam. Namun hal ini sangat erat kaitannya dengan kepercayaan.

Batu Mustika Kelapa

Waspada Batu Mustika Kelapa Palsu

Batu Mustika Kelapa biasanya dihargai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Umumnya, penyebab mahalnya batu ini lebih dilatarbelakangi oleh fenomena ghaib yang dilekatkan kepadanya. Misalnya tentang asal-usul mistisnya, atau khasiat-khasiat yang dimilikinya.

Khasiat yang sering disebutkan dari Batu Mustika Kelapa ini, adalah kemampuannya untuk menolak racun dan membuat makanan menjadi susah basi. Oleh sebab itu, batu yang dianggap mustika ini biasanya ditawarkan kepada orang yang menjalani bisnis di bidang makanan, seperti pemilik restoran atau usaha katering.

Mengenai fenomena-fenomena ghaib di atas, sebaiknya Anda menyikapinya dengan bijak. Apalagi sangat mungkin terjadi bentuk penipuan dari pedagang yang mengklaim menjual Batu Mustika Kelapa, padahal sebetulnya hanya batu sintetis biasa.

Untuk mengetahui karakteristik dari sebuah batu, bisa melalui pengujian secara ilmiah di laboratorium batu. Dari hasil penelitian seorang pemerhati batu mulia, pernah ditemukan batu yang diklaim sebagai Mustika Kelapa dengan levelĀ  kekerasan 3-4 Mohz. Tingkat kekerasan ini tidak terlalu tinggi, karena hanya ada di level tiga sampai empat, dari skala maksimal sepuluh Mohz. Selain itu, batu tersebut ternyata juga bereaksi terhadap cairan asam HCI, sehingga dapat disimpulkan tergolong dalam jenis batuan karbonat.

Dengan spesifikasi batu seperti di atas, perlu kajian dari ahli kimia untuk mengetahui apakah mungkin Batu Mustika Kelapa terbentuk di dalam buah kelapa yang sebagian besar kandungannya adalah air hingga 95.5%, yang ditambah beberapa unsur lain seperti 0.69 % kalsium oksida, 0.59 % magnesium oksida, 0.56% asam fosfat, 0.25% kalium, 0.05% nitrogen, serta sedikit senyawa besi dan gula.

Sebagian batu yang diakui sebagai Batu Mustika Kelapa, bahkan pernah terdeteksi kepalsuannya. Hal ini dapat dilihat pada alur yang terdapat pada batu. Pengecekannya bisa dilakukan dengan menggunakan loupe 10x. Jika alur-alur tersebut dibuat dengan sengaja oleh manusia atau tidak alami, maka akan bisa dilihat dengan jelas tanda-tanda penggunaan gerinda dan ampelas.

Maka dari itu, ada baiknya tetap waspada menyikapi keberadaan batu yang dianggap sebagai mustika, seperti Batu Mustika Kelapa ini. Kecanggihan teknologi telah memungkinkan orang untuk membuat batu sintetis atau imitasi, yang secara fisik mata telanjang sulit dibedakan dengan batu alami. Tetap teliti dan jangan sampai tertipu pesona batu palsu, termasuk dalam mengidentifikasi Batu Mustika Kelapa.

Batu Mustika Kelapa, Benarkah dari Kelapa? | admin | 4.5