Batu Mulia Kalimantan Asli Indonesia

Indonesia adalah negeri yang kaya anugerah alam, termasuk batu mulia yang banyak terdapat di Kalimantan. Bahkan, batu mulia Kalimantan terkenal memiliki kualitas yang sangat bagus. Semuanya asli tergali dari bumi Indonesia.

Ada beragam macam dan jenis batu mulia Kalimantan. Selain sebagai penghasil intan terbesar se-nusantara, pulau Borneo juga menghasilkan permata lain mulai dari Safir, Ruby, hingga Kecubung. Batu-batu berharga mahal ini menjadi komoditas yang selalu diburu oleh para kolektor gemstone baik dari dalam negeri hingga manca negara.

Untuk mengetahui potensi yang dimilikinya, berikut ini akan dibahas tentang bermacam-macam batu mulia, yang asli berasal dari Kalimantan.

Batu Mulia Kalimantan

Batu Mulia Kalimantan yang Menjadi Unggulan

Batu mulia Kalimantan sering menjadi incaran para kolektor, karena karakteristiknya yang unik dan alami, serta bernilai seni tinggi. Selain itu, beberapa jenis gems dari Kalimantan tergolong langka dan sulit didapatkan.

Permata berkualitas yang menjadi jagoan di Kalimantan adalah Intan atau Berlian, dimana pusatnya ada di Martapura, Kalimantan Selatan. Intan adalah jenis batu berharga  yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi dibanding batu mulia lainnya. Dengan daya tahan yang luar biasa, ditambah kilauan keindahannya, Intan bisa dihargai sangat mahal. Jika telah melalui proses penggosokan dan dipoles, atau telah menjadi Berlian siap pakai, harganya bisa mencapai puluhan juta tergantung dari urat-urat yang terdapat di dalam batunya.

Selain Intan, Kalimantan juga kaya akan batu Kecubung, yang juga biasa disebut sebagai Amethyst. Kualitasnya memiliki mutu di atas rata-rata. Harga satuan batu Kecubung berada pada kisaran ratusan ribu rupiah, namun bisa menembus harga jutaan jika sudah dipoles menjadi perhiasan tertentu. Saat ini jenis yang sedang populer dan banyak menarik minat adalah Kecubung Ungu dan juga Natural red borneo seperti gambar dibawah ini:

Natural red borneo

Batu Yakut kuning juga menjadi salah satu batu mulia unggulan di Kalimantan. Batu ini cukup sulit ditemukan, sehingga tergolong sebagai permata yang langka. Per satuan batu Yakut Kuning, biasanya dihargai ratusan ribu rupiah, namun bisa berkali-kali lipat lebih mahal jika telah diolah menjadi bentuk cincin.

Ada lagi batu mulia Kalimantan yang sangat khas hingga memiliki julukan batu bumi Kalimantan, yakni batu Akik. Biasanya, batu Akik dihiasi dengan ukiran kaligrafi alami sehingga membuatnya terlihat sangat indah. Batu Akik Kaligrafi termasuk gems yang banyak peminatnya dan menjadi buruan para kolektor.

Belakangan ini, empat jenis gems di atas menjadi batu mulia Kalimantan yang sedang  trend dan popularitasnya tengah naik daun. Banyak pecinta batu yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan Kecubung Ungu, Yakut Yuning, Akik Kaligrafi, dan Berlian Kalimantan Selatan.

Selain jenis-jenis di atas, juga masih ada batu mulia Kalimantan lainnya seperti Safir, Zirconia, Mata Kucing, Ruby, Aquamarine, Torquise, Onyx, dan beberapa jenis kristal.  Dengan kekayaan yang begitu besar dan potensi batu alam yang melimpah, tanah Borneo layak menjadi kebanggan Indonesia. Batu mulia Kalimantan tidak hanya terkenal di kancah domestik, bahkan reputasinya juga diakui sebagai salah satu penghasil gemstone berkualitas di dunia.

Namun yang sering menjadi kritik adalah masalah kualitas hasil olahannya. Meskipun batu mulia yang dimiliki tergolong berkualitas unggul, tapi sayang peralatan yang digunakan untuk memoles dan mengolahnya sebagai perhiasan masih sederhana dan tradisional. Hal ini sedikit mengurangi nilai jual produknya. Jika proses pengolahan bisa diperbaiki, perkembangan batu mulia Kalimantan pasti akan lebih baik lagi, dan sudah tentu akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Batu Mulia Kalimantan Asli Indonesia | admin | 4.5