Tips Memilih Batu Cincin Kalimaya Asli

Batu cincin kalimaya (Black Opal) atau lebih dikenal dengan batu Kalimaya merupakan salah satu jenis batu mulia yang dapat ditemukan di Indonesia, khususnya di daerah banten. Harga untuk sebuah batu mulia ini saja bisa mencapai puluhan juta rupiah. Meski harga yang ditawarkan terkadang sangat fantastis, bagi para kolektor dan pecinta batu mulia, seberapapun harga yang ditawarkan, demi batu yang satu ini mungkin tidak ada kata untuk menolak memiliki keindahan dari batu Kalimaya ini yang memang sudah tersohor.

batu akik kalimaya

Biasanya para kolektor memburu batu Kalimaya ini karena warna dari batu kalimaya ini sangat cantik. Kombinasi warna putih, kuning, gold, biru, hijau, serta merah muda membuat keindahan batu Kalimaya ini semkain lengkap dan patut dijadikan koleksi. Selain dari segi warna yang mempesona untuk dikoleksi, batu Kalimaya ini juga dipercaya membawa kebaikan tersendiri bagi pemiliknya yakni menambah kepercayaan diri bagi pemakainya. Percaya atau tidak, keindahan dari batu Kalimaya ini tidak peru anda ragukan lagi karena batu ini sangat mempesona dengan kombinasi warna yang terbentuk secara alami didalamnya.

Batu asal Banten, Jawa Barat ini dihargai dengan harga tinggi dipasar internasional yakni hingga 25.000 dollar per/karatnya. Di mata negara-negara lain, batu asli Indonesia yang juga disebut dengan Opal dipasar ini merupakan salah satu incaran para kolektor selain Saphire, Emerald, dan Amethys. Karena keindahan batu Kalimaya yang tidak bisa dipandang sebelah mata, batu asli Indonesia ini pernah dijadikan sebagai mahar kawin dalam acara pernikahan di Negara Jepang. Batu Kalimaya ini juga masuk kedalam 10 jajaran batu permata termahal didunia sejajar dengan Saphire, Emerald, Nefrite Jade serta Beryl.

Jenis dari batu cincin Kalimaya memang banyak, bergantung dari motif dan warna yang terbentuk didalam batu permata tersebut. Ada yang berwarna putih susu, ada yang motifnya menyerupai kembang atau bunga adapula yang berwarna hitam. Variasi warna-warna pada batu Kalimaya ini menjadikannya terlihat sangat indah sehingga sangat pas sekali dijadikan sebagai hiasan seperti cincin, liontin. Anting-anting serta jenis perhiasan lainnya.

Selain di Indonesia, batu Kalimaya ini juga dapat ditemukan di Turki serta Brazil. Namun penghasil batu Kalimaya atau Opal terbesar dipegang oleh Negara Australia. Tiap jenis batu yang dihasilkan oleh tiap Negara memiliki karakterisktik yang tidak sama antar satu dengan yang lainnya, oleh karena itu para kolektor memiliki kesempatan untuk memilih jenis-jenis Opal dengan karakter yang berbeda pula.

Tips Memilih Batu Cincin Kalimaya Asli

Memilih batu cincin Kalimaya juga haruslah teliti agar kita tidak tertipu dengan tampilan luarnya saja. Terkadang banyak ditemukan batu sintesis atau batu buatan yang akan mudah melelh ketika diabakar padahal batu yang asli tidak akan meleleh walau dibakar sekalipun. Cara yang dapat dilakukan untuk membedakan batu Kalimaya asli dengan batu Kalimaya palsu dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti :
1. Batu kalimaya yang asli akan  tahan terhadap api dan akan lebih cepat dingin.
2. Tahan terhadap bahan kimia. Batu Kalimaya asli tahan terhadap bahan kimia, jika terdapat bahan kimia yang menempel pada batu dankemudian menimbulkan bekas pada batu, maka sudah dapat dipastikan bahwa batu tersebut palsu.
3. Serat Batu, batu sintesis tidak memiliki serat.
4.Berat Batu, yang terakhir adalah batuan yang asli memiliki berat jenis, berbeda dari batu sintesis, berat jenisnya lebih ringan daripada batuan yang asli.

Demikianlah info batu cincin kalimaya, semoga bermanfaat.
Tips Memilih Batu Cincin Kalimaya Asli | Lukman Arifin | 4.5