8 Batu Akik Termahal di Indonesia

8 Batu Akik Termahal di Indonesia – Ingin tahu macam-macam batu akik termahal di negeri ini? Ketenaran batu mulia berjenis akik memang semakin naik daun di kalangan masyarakat Indonesia. Sejalan dengan hukum ekonomi, saat permintaan meroket tinggi maka nilainya juga akan menjadi makin mahal. Namun hanya yang benar-benar bagus dan berkualitas saja yang bisa diberi banderol tinggi. Penasaran Apa saja?

Batu Akik Termahal

Untuk mendapatkan jawabannya, silakan simak 8 jenis batu Akik termahal di Indonesia berikut ini.

1. Batu Bacan

Dengan ketenarannya yang cukup membahana seantero nusantara, batu Akik Bacan sukses menarik minat sangat banyak penggemar dan para kolektor. Lebih khusus lagi, Bacan yang paling ramai diburu orang adalah jenis Doko dan Palmea.

Keindahan Bacan memang tidak main-main, maka wajar saja jika gems ini diapresiasi dengan nilai yang cukup mahal. Batu yang ditambang dari Halmahera ini diincar banyak orang karena memiliki keelokan warna yang menawan serta punya kemampuan berubah secara alami. Keistimewaan bermetamorfosis secara natural tersebut membuatnya dijuluki sebagai ‘batu hidup’, dan inilah daya tarik andalannya sehingga bisa dihargai sampai puluhan juta rupiah.

2. Batu Opal (Kalimaya)

Batu Opal, di negeri kita lebih terkenal dengan nama Kalimaya. Ini adalah salah satu jenis batu Akik termahal yang paling banyak diincar, tidak hanya oleh kolektor tapi juga orang-orang yang baru mengenal dunia permata. Harganya memang beragam tergantung mutunya, namun nilai termahal yang pernah tercatat adalah 2.500 $ per karat. Khusus untuk wilayah Indonesia, pusat pengolahannya ada di daerah Banten.

3. Batu Safir

Safir telah lama populer, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Harganya memang tidak murah sehingga tidak semua orang dapat memilikinya. Namun, hal ini tidak mengurangi jumlah orang yang menggandrungi keindahannya. Sebagai hiasan permata cincin, Safir termasuk batu yang berkelas unggul dan menjadi idaman para pecinta perhiasan.

Soal tampilan, Safir memiliki beragam variasi warna. Dari nuansa ungu, biru, hingga merah muda dan jingga. Bukan cuma karena faktor estetika keindahan yang dimilikinya, Safir juga banyak diburu karena dipercaya mempunyai energi alam positif yang berkhasiat bagi pemakainya.

4. Batu Zamrud

Zamrud telah lama menjadi salah satu jagoan di dunia batu mulia, bahkan sejak ribuan tahun yang lampau. Dengan warna khasnya yang bernuansa hijau, banyak orang rela membayar dengan harga tidak murah untuk mendapatkannya. Dari sisi mutu, Zamrud juga tergolong batu berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari level kekerasannya yang mencapai 7 hingga 8 skala Mohs, sehingga bisa dibilang memiliki daya tahan sangat baik terhadap goresan.

5. Batu Giok

Ketenaran Giok tidak pernah surut. Apalagi ketika trend pengguna batu Akik semakin menanjak, Giok tidak ketinggalan meramaikan pasar dengan harga yang turut merangkak mahal. Batu mulia yang banyak dijumpai dalam wujud cincin serta liontin ini punya warna khas hijau yang sangat cantik. Selain itu, menurut ilmu pengobatan China, energi alam yang terkandung pada Giok juga disebut memiliki khasiat tertentu untuk kesehatan.

6. Batu Ruby

Si Merah Delima adalah julukannya, sesuai dengan corak khas Ruby yang menonjolkan nuansa warna merah yang menawan. Sebagai salah satu jenis batu papan atas, pesona yang dimilikinya telah tersohor hingga ke seluruh penjuru dunia. Harganya cukup bervariasi. Semakin unik dan bagus kualitasnya, nilainya akan semakin tinggi.

7. Batu Topaz

Kecantikan batu Topaz terpancar dari beraneka varian warna yang dimilikinya. Anda bisa menikmati keindahan batu mulia ini dari yang bernuansa biru, kuning, atau jingga kemerahan. Gems yang banyak ditambang di Sri Lanka, Brazil, dan Meksiko ini diyakini menyimpan energi alamiah yang mampu meredakan depresi.

8. Batu Kecubung

Satu lagi batu Akik termahal yang saat ini tengah manjadi gems yang paling banyak diburu, yakni Kecubung. Batu mulia yang juga memiliki nama alias Amethyst ini merupakan salah satu primadona tidak hanya di pasar Indonesia tapi juga manca negara. Keindahan warna ungunya sukses membuat banyak orang terpikat, walau harganya tidak bisa dibilang murah.

Selain beberapa jenis di atas, sesungguhnya masih banyak yang bisa disebutkan seperti misalnya batu Sungai Dareh atau batu Lavender yang tidak kalah memikat. Meski beraneka ragam gems tersebut termasuk batu Akik termahal di Indonesia, minat para penghobi untuk memburunya tidak pernah surut.

8 Batu Akik Termahal di Indonesia | admin | 4.5