Bagaimana Anda tahu Batu Akik Kalimaya?

Batu Akik Kalimaya

Batu akik Kalimaya merupakan salah satu batu akik yang asli berasal dari Indonesia lebih tepatnya berasal dari propinsi banten. Batu akik Kalimaya yang kini dijadikan perhiasan ini banyak dicari oleh para kolektor karena batu akik ini mempunyai corak yang indah dan memiliki variasi warna yang mempesona.

Maka tidak mengherankan jika harga batu akik ini bisa menembus angka puluhan juta rupiah jika punya kualitas yang baik.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang batu akik ini, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang asal usul batu kalimaya, ciri ciri dan cara untuk membedakan Batu akik Kalimaya yang asli atau palsu.

Batu Akik Kalimaya

Asal Usul dan Ciri Batu Akik Kalimaya

Batu akik Kalimaya atau yang biasa dikenal dengan sebutan opal ini banyak ditemukan di berbagai negara. Akan tetapi, penghasil terbesar Batu akik Kalimaya ini adalah Australia. Namun negara Indonesia juga termasuk dalam penghasil batu akik ini. Untuk di Indonesia, batu kalimaya ini banyak ditemukan di daerah Kecamatan Maja Kabupaten Lebak Propinsi Banten.

Batu kalimaya sendiri mempunyai bermacam macam jenis tergantung warna dasar dan juga motif. Nama batu Kalimaya pun bermacam-macam. Diantaranya Kalimaya Kembang, Kalimaya Susu, dan Black Oval.

Batu akik Kalimaya mempunyai kombinasi warna seperti coklat, ping, merah, hijau, putih, dan biru kehijauan. Sehingga kombinasi warna tersebut menghasilkan warna yang indah dan sangat cocok dijadikan perhiasan.

Itulah ciri khas warna yang dimiliki kalimaya, kemudian bagaimana caranya membedakan kalimaya yang asli dan palsu?

 

Cara Membedakan Batu Akik Kalimaya Aspal

Yang perlu diperhatikan untuk membedakan kalimaya asli atau palsu adalah sebagai berikut :

Pertama, Batu akik Kalimaya sangat tahan dengan api dan batu ini cepat dingin. Untuk membuktikanya, Anda bisa menyulutnya menggunakan korek api.

Kedua, batu kalimaya ini tahan bahan kimia seperti cat atau parfum. Sebagai pembuktian, tempelkan cat atau parfum di batu kalimaya. Setelah itu, usaplah maka Anda tidak akan menemukan ada bekas yang menempel.

Keempat, batu akik yang buatan yang biasanya terbuat dari bahan sintetis tidak mempunyai serat maka jika dilihat dengan mata akan terlihat bening.

Itulah ciri ciri yang terdapat pada batu Akik Kalimaya, semoga dengan informasi tersebut Anda jauh lebih mengetahui perbedaan antara Kalimaya yang asli dan yang palsu.
Demikian kami kabarkan semoga bermanfaat untuk anda khususnya pecinta Batu akik Kalimaya.

Bagaimana Anda tahu Batu Akik Kalimaya? | admin | 4.5