3 Jenis Batu Akik Garut Yang Paling Mempesona

Batu Akik Garut, Kabupaten Garut adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat. Garut selama ini dikenal oleh masyarakat dengan makanan khasnya yaitu dodol garut. Selain dikenal sebagai penghasil dodol, ternyata juga dikenal sebagai penghasil batu akik dengan kualitas super di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa jenis Batu akik garut yang mempunyai kualitas terbaik yang banyak ditemukan di Kabupaten Garut Jawa Barat.

Batu akik garut

Batu akik garut : PW Garut atau Pancawarna Garut

Pancawarna Garut ini banyak ditemukan di Desa Caringin yang terletak di Garut bagian selatan. Salah satu pancawarna yang sangat terkenal dan melegenda di Garut adalah pancawarna edong yang memiliki setidaknya lima warna.

Pancawarna edong ini menjadi sangat populer di dunia karena Batu akik garut ini pernah dijadikan souvenir atau oleh-oleh untuk para delegasi yang datang pada peringatan KAA yang dilaksanakan pada waktu yang lalu.

 

Batu akik ini juga dipercaya punya khasiat diantara khasiat yang terkandung dalam batu akik ini adalah mampu meningkatkan rasa optimis seseorang, mampu menenangkan pikiran, dan bisa menjaga kesehatan mata.

 

Batu akik garut : Batu Hijau Garut

Hijau garut terdiri dari berbagai macam salah satunya adalah hijau garut yang punya kualitas terbaik yaitu jenis chrysoprase yang banyak ditemukan pada batu ohen. Batu ini banyak ditemukan daerah Kec. Bungbulang dan Caringin. Akan tetapi saat ini Batu akik garut hijau sulit sekali ditemukan.

Oleh karena batu hijau garut ini sudah langka, maka harganya sendiri menjadi melambung tinggi bahkan ada sebuah Batu akik garut hijau garut yang berasal dari gunung Bungbulang yang terjual kurang lebih 200 juta rupiah.

 

Batu akik garut : Batu Hijau Tosca

Batu ini sering disebut dengan sebutan Toska Garut, batu akik ini banyak ditemukan di daerah Cisangkal, Caringin dan Kecamatan Bungbulang Garut. Tosca garut ini juga terdiri dari berbagai jenis salah satunya adalah rough toska garut.

Rough toska garut berasal dari galian Cisangkal, akan tetapi saat ini batu toska garut sulit untuk ditemukan oleh karena itu harga yang dibandrol juga relative mahal dibandingkan dengan batu akik yang lain, untuk 0,5 kg saja bisa dijual dengan harga 15 juta rupiah.

Demikianlah ulasan singkat tentang Batu Akik Garut, semoga informasi yang telah disampaikan dapat menambah wawasan tentang berbagai macam akik yang berasal dari nusantara.

3 Jenis Batu Akik Garut Yang Paling Mempesona | admin | 4.5